Cara Menampilkan Potongan Posting di Blogspot (Read More)

Tag <--more--> sangat familiar bagi siapapun yang biasa menggunakan CMS Wordpress saat posting di blog-nya. Tag ini berguna untuk menampilkan potongan atau paragraf pertama saja dari suatu poting dan menyediakan sebuah link atau anchor text (biasanya "Read More..") yang bila di klik akan membuka keseluruhan tulisan posting, sehingga menghemat tempat blog dan menjadikan tampilan blog jadi lebih rapi.
Namun bila karena suatu hal, kita yang sudah terbiasa memakai Wordpress harus pindah ke Blogspot akan terkejut karena Tag more bukan merupakan feature default dari Blog punya Google ini. Untuk dapat menampilkan potongan posting di Blogspot seperti Tag more di Wordpress, caranya sbb:
Langkah #1

* Sign in di Blogger dengan ID kita
* Klik Pengaturan
* Klik Format
* Pada layar paling bawah, ada text area kosong disamping tulisan Template Posting, isi text area kosong tersebut dengan kode di bawah ini :



* Centang Simpan Pengaturan


Langkah #2

* Klik menu Dasboard
* Klik Reka Letak
* Klik tab Edit HTML
* Centang pada kotak di samping tulisan Expand Template Widget dan tunggu beberapa saat ketika proses sedang berlangsung
* Silahkan anda cari kode berikut pada template milik anda :


atau




* Ganti dengan kod di bawah ini :











Read More...


* Centang Simpan Template
* Selesai.


Selanjutnya, saat kita akan membuat posting baru di Blogspot, pada menu Edit HTML secara otomatis tampak 2 baris kode yang telah kita setting tadi, yakni :




* Tuliskan paragraf yang akan dipotong dan ditampilkan sebelum baris kode

* Tuliskan sisa keseluruhan posting diantara 2 baris kode tersebut (sebelum )

Untuk setingan yang lain lakukan seperti biasanya, kemudian lihat hasilnya :)

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post